Makanan khas Pulau Lombok

“Makan gak makan asal ngumpul” (Slank- Makan gak makan)

Kalimat di atas adalah potongan dari salah satu lagu slank yang berjudul makan gak makan, kenapa saya menulis ini? karena pada post kali ini saya akan memberi atau berbagi pengetahuan tentang makanan, lebih jelasnya makanan khas dari pulau lombok, mengapa lombok? jawabannya simpel, karena saya berasal dari sana.. hehehe.

So, dari pada membuang waktu, langsung saja kita lihat bersama, apa saja makanan khas dari kampung halaman saya, cekidot..

1. Pelecing kangkung.

Plecing kangkung adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Lombok. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari Cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadangkala diberi tetesan jeruk limau. sebagai pendamping Ayam taliwang, plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap.

Kangkung yang digunakan untuk masakan ini juga sangat khas, tidak seperti tanaman kangkung sayur yang misalnya lazim di Pulau Jawa, tetapi berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu, yang menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah.

Sambal tomat/ sambal pelecing dibuat dengan menggunakan [Terasi Khas Lombok] agar aromanya lebih nikmat dan terasa cocok dengan kangkung lombok.

2. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang adalah makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar ayam yang disajikan bersama bumbu-bumbunya berupa cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat merah, terasi goreng, kencur, gula Jawa, dan garam. Biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya seperti Plecing kangkung.

3. Sate Bulayak

Sate Bulayak adalah makanan tradisional khas Nusa Tenggara Barat yang terbuat dari daging sapi yang dilumuri dengan bumbu khas Lombok dan disajikan dengan lontong. Bumbu tersebut terdiri dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya. Rasa dari bumbu tersebut mirip seperti bumbu kari.

Wah.. saya yang menulis ini saja sudah cukup lapar karena melihat gambar gambar di atas, mungkin cukup sampai disini saja ya info tentang makanan khas lomboknya, daripada saya jadi tambah lapar.. hehehe

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under Lombok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s